Senin, 19 Juli 2010

Manusia Berbudi, Mengabdi dengan Hati (P2M review)

Saya sangat bersyukur telah diberi kesempatan untuk berpartisipasi dalam kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Bahasa Inggris tahun ini, karena itulah saya dapat melihat sisi lain dari kehidupan yang saya tahu. Dimana manusia masih menjunjung tinggi solidaritas dan kehidupan sosial, dimana kepentingan umum masih didahulukan sebelum kepentingan individu.

Hal terpenting yang saya dapat setelah mengikuti kegiatan ini adalah, saya belajar untuk berbagi. Memberi apa yang kiranya bisa membangun suatu kelompok masyarakat walaupun itu hanya delapan hari. berbagi dalam bidang pendidikan, kesehatan, sandang, pangan, dll. akan tetapi, seperti yang telah Kang Gellar pesankan pada kami, *di sini kita berbagi, berbagi yang tidak hanya memberi tapi juga menerima* dan ternyata kata-kata itu memang benar, di sana kami-pun banyak belajar dari kehidupan warga Babakan Limus yang tentram dan tawadhu.

let's move :D



Hari Pertama : saya sempet nyeseeeell banget soalnya hari minggu itu harusnya saya stand by di gymnasium sambil nonton porda, tapi apa boleh buat, pada waktu itu juga saya kudu berangkat ke lokasi P2M..padahal rencana nnton porda itu udah dibuat dari berbulan-bulan yang lalu T.T
tapi ga papa..saya yakin pasti nanti saya bakal dapet yang lebih baek di sumedang sana daripada planga plongo nnton porda d gymnas...

Saya sedikit kesel ternyata kedatangan saya ke kopma bawah yang jam 6 pagi lebih terasa tidak ada artinya bila dibandingkan dengan kedatangan teman"yang jam 8 mpe jam 9an..Jadilah saya menunggu bertahun-tahun lamanya, menunggu kawan-kawan yang datang dengan tas-tas koper mereka dan bantal kesayangan mereka. Lalu kita berangkat kurang lebih jam 10 pagi menggunakan truk ranger.

Setelah melakukan perjalanan jauh dengan truk ranger punya power ranger, akhirnya kita-kita nyampe juga di TKP. Gila aja, waktu tas diturunin dari truk, ternyata di tanah yang jadi alas tempat naro tas tuh ada 'waka-waka ee' kambing yang bulet-bulet hitam gitu. tapi saya berusaha tabah menerima kenyataan ini, ditambah kedatangan kita disambut oleh tim advance yang uda tinggal di Bali beberapa hari sebelum kedatangan kami dengan wajah-wajah mereka yang sumringah ala hepi salmah. setelah kami semua turun dan memakai jas almamater yang warnanya abu-abu kelabu milik kampus pendidikan di Indonesia itu, kami berjalan kaki sampai posko p2m yang nantinya akan menjadi pusat tempat kegiatan.

sebelumnya saya sudah punya firasat bakal tinggal di tempat yang memang layak untuk mengabdi, dan memang benar..rumah mungil yang di depannya ada kandang kambing dan berhiaskan waka-waka ee kambing di sekitarnya itu adalah rumah yang akan menjadi tempat saya berteduh selama 8 hari ini. Namun fikiran saya teralihkan oleh teman-teman serumah yang selalu membuat saya merasa nyaman berada di rumah itu..thank you, guys..Tahukah kalian malam pertama itu saya gag bsa tidur walaupun sudah berkali-kali pindah lokasi tidur -,-"

Hari Kedua : kaget banget waktu saya tahu saya kebagian ngajar di MI Al-Falah yang jauhnya teu kabina-bina, katanya jarak ke sana dapat ditempuh dengan satu jam jalan kaki. benar-benar metode diet yang sempurna =P
tapi di luar dugaan, ternyata hari senin itu karena satu dan lain hal saya malah kebagian piket dan bantu-bantu memasak di dapur umum. di sanalah saya tahu bagaimana situasi sebenarnya di balik layar seksi konsumsi yang menyimpan lara dan kesedihan mendalam tapi mereka tetap menghadapinya dengan senyum bodor khas koor konsumsi. jujur saya salut sekali pada mereka =)

Hari Ketiga : Pasti ada lah ya, rasa deg-degan waktu saya pertama kali ngajar anak-anak SD. Btw, saya jadinya ditempatin ngajar di MI Cipaku yang jarak tempuhnya terdekat kedua setelah MI Zaenul Millah..Alhamdulillah
Partner ngajar saya waktu itu si mei, yakin lah saya ga bakal kebingungan harus ngapain di kelas nanti,,hhe
saya ga habis fikir saya bakal menangani anak paling badung sepanjang jaman, saya bakal inget terus nama dia..EPUL
apa mungkin metode mengajar saya salah, atau emang anaknya terlalu badung ya..
masa wajah saya harus ternodai ludah dia..coba banyangin, saya diludahi oleh anak kelas satu SD dan itu tidak hanya satu kali. Sangat ironis
tak hanya itu, tangan saya pun tak lepas dari cakaran-cakaran maut dan pukulan tajam si EPUL..sampai tiba-tiba Dilla, murid perempuan yang duduk di depan bangku si EPUL dibuat nangis tersedu-sedu, untung guru asli MI Cipaku yang sudah terlatih menangani dia langsung turun tangan dan herannya si Epul langsung nurut aja ama kata-kata guru itu. Klo saya yang marah"mah kyaknya ga bakal di dengerin ama si Epul.

Sekitar jam 9am anak"kelas 1 pulang (Alhamdulillah) saya kira setelah lepas dari anak kelas 1, hidup saya akan kembali tentram, tapi ternyata tidak. Beberapa menit kemudian anak"kelas 2 masuk ke kelas dan mulai belajar. Mungkin anak kelas 2 bisa lebih dewasa dan nurut, tapi anggapan saya salah. Anak badung eksis yang dapet julukan PECE itu ternyata cukup membuat saya mengelus-elus dada..emang sih ya, anak itu bibit unggul. lumayan cakep n fotogenik gt deh..dia kayaknya uda jd bintang iklan susu kalo tinggal di kota besar..
tapi boo, kelakuannya itu looh..caper banget
apalagi omongan'a yang kurang selaras dengan umurnya yang baru kelas dua SD.
hmmm..

jam 11 adalah saat dimana saya dan mei dapat menghirup udara bebas, kita pulang ke lokasi p2m dengan membawa cerita-cerita lucu selama kita mengajar ^_^

Hari Keempat : Ngajar lagi deh, kebagian di MI Cipaku lagi..bagus lah jadi saya bsa bkin perhitungan buat Epul cs juga Pece and the gank..
kayaknya di hari kedua ini mereka agak-agak nurut ama omongan saya,,senangnyaaa
oh iya, partner saya wktu itu si Kunto. gila lah anak"mah manut"aja kalo dia yang ngajar, mgkin si kunto punya aura"negatif yang bsa bkin anak"segan ama dia kali yah..
saya terharu banget di hari kedua ini anak"kelas satu bersikap kooperatif terhadap saya (kecuali si epul). seneng banget ngeliat wajah-wajah polos dengan senyum, canda dan tawa mereka yang tulus tanpa beban. saya juga sedih karena saya punya janji bwt mreka yg ga bsa saya tepati =(
yang bkin saya sedih bnget tuh saya menyita mainan punya si Epul dengan paksa dan saya lupa mengembalikannya. padahal itu hari terakhir saya ketemu ama dia..

Hari Kelima : Ahh, ga ada yang rame di hari ini mah..soalnya saya harus ke kampus bwt ngurus FRS dan meninggalkan kegiatan p2m untuk 1 hari. tapi saya seneng banget soalnya saya jadi bsa ktmu ma si papih n qt smpet jalan"gt,,hehehehe
makasih ya pi udah nganterin mpe lokasi p2m, luv u =)
pada sore hari ada perlombaan untuk anak" SD tp karena saya lelah jadi lebih baik saya tidur dan beristirahat saja di rumah..

Hari Keenam : Hri ini udah ga ada kegiatan mengajar, padahal saya belum sempet pamit ke anak"didik saya,,Hari Jumat ini kegiatannya penyuluhan kanker serviks oleh dokter dini hidayat, makasih ya bu dokter..saya jadi dapet ilmu lebih ttg kanker serviks walaupun ibu bkin saya ngilu dengan foto"serviks yang jijik banget itu =P~
saya jadi sadar kalo jd cwe itu musti super hati-hati karena berhubungan seks di luar nikah dengan berganti-ganti pasangan dan tanpa perhatian khusus pd kebersihan itu dapat memberikan dampak yang sangat berbahaya pada kesehatan. Take care, girls..

Siangnya kita ada kegiatan kerja bakti di lingkungan desa, tapi karena kurang informasi saya dan tmn"rumah cuma beres"rumah aja, padahal orang"lain pada kerja bakti mpe ke jalan"dan selokan,,hhe

oh ya, ada juga acara maen sepak bola bareng warga yang jalan permainannya kita buat dengan script...hehehehehe

Hari Ketujuh : Hari ini acara'a pentas seni, ank"SD pada unjuk gigi semua di acara ini. Ada yang nari, ada paduan suara, pidato bahasa inggris n arab, sampai yang qasidah'an juga ada. malam hari kedelapan terasa sangat berkesan karena itu adalah malam terakhir saya tidur di rumah mungil itu, bersama kambing"dan anjing"yang selalu menemani kita, dan juga bersama anjing yang telah menyembunyikan sepatu mahal teman saya.
malam hari ini ada acara spesial dari seksi acara, ada semacam award"an gtu..yang dapet penghargaan pria terbaik itu kang arif, wanita terbaik=teh minda, piket terajin versi sie konsumsi=teh desti, ikon p2m=hime, dan pasangan p2m termesra=hime n rifki, oh iya ada juga anak teroces=indra...
saya merasakan kekeluargaan yang kental diantara partisipan" p2m dan semua masalah yang terjadi semasa p2m semoga bsa dijadikan pembelajaran yang membuat kita menjadi pribadi yang lebih baik selanjutnya..

Hari Kedelapan : pagi hari saya terbangun dengan penuh semangat karena saya akan pulaaaang...kita langsung beres"rumah dan berpamitan dengan pemilik rumah yang dengan kesediaan hatinya merelakan tempat tinggal mereka untuk ditempati oleh kami selama delapan hari..terima kasih, teh nita..we won't forget u
eh, kita ga lgsung pulang tapi kita mampir dulu ke lapangan kiara payung untuk botram..jujur makanan waktu itu enak bangeet
sekitar jam 10 kita berangkat pulang dan jam 11.30 kita sampai di kampus bumi siliwangi dengan wajh lusuh dan kelelahan namun kami membawa pelajaran berharga yang tidak akan pernah kami lupakan..

Last message : terharu sekali, mereka yang tinggal di desa yang tentunya berbeda dengan kota besar, tapi mereka bisa menunjukkan kemampuan yang tidak kalah hebatnya dengan masyarakat perkotaan. mereka yang hidup apa adanya, hidup sederhana tanpa tv layar datar ataupun warnet tapi mereka tidak manja. mereka ttp berangkat ke sekolah menuntut ilmu walaupun jarak yang mereka tempuh itu tidak bsa disebut dekat, mereka tetap memberi walaupun sebenarnya mereka butuh diberi. Kepada mereka kami mengabdi, kepada mereka kami berbagi..

saya kangen anak"murid sayaaaa T.T

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Don't be shy, let's share our understanding :)