Jumat, 23 September 2011

Break The Rules !! Go Beyond The Limit !!-Focault and Derrida (1)

Postingan kali ini terinspirasi oleh perkuliahan Teori Sastra hari Rabu, tanggal 21 September 2011 pukul 10.40-12.20. 100 jam perkuliahan paling inspiratif yang pernah aku ikutin selama 2 taun lebih aku kuliah di sana. Walaupun perkuliahan itu diselingin ngantuk yang teramat sangat, materi kuliahnya ternyata asik banget, pemirsah ! Soalnya, kita dijelasin tentang bagaimana memaknai kata TEORI itu sendiri dan kenapa bisa ada TEORI????MySpace


Di pertemuan pertama, kita diajarin dulu tentang makna dari kata teori, kita diajak ber-brainstorming dengan arti kata teori. Kalo menurut aku sendiri, teori itu bentuk kesimpulan yang hanya bisa ditarik jika kita telah melalui serangkaian alur penelitian (Problem-Observation-Hypothesis-Experiment-Conclusion). Nah jadi teori itu sama aja kayak kesimpulan dari sebuah penelitian. Lalu, karena teori telah melalui serangkaian metode ilmiah, maka teori harus bisa memberi penjelasan logis atas semua pertanyaan yang diajukan tentang teori itu. 

Ada teman yang bilang kalo teori hanya bisa dicetuskan oleh seseorang yang ahli di bidangnya, tapi kalo kata aku, emang sih kebanyakan teori dikeluarkan oleh ahli. Tapi ga semua teori dicetuskan oleh ahli. Contohnya, teori jumlah ketiga sudut di segitiga adalah 180 derajat dikeluarkan oleh seorang ahli (Blasé Pascal) ketika ia belum menjadi seorang ahli. Mungkin masih banyak orang bukan ahli lain yang punya pemikiran di luar garis normal yang  berani melakukan serangkaian percobaan dan mencetuskan teori baru yang akan aku jabarin ceritanya di postingan berikutnya.MySpace

Kembali ke TANKTOOOP

Terus, di tengah-tengah brainstorming Bapak Dosen ngomong gini, “apakah hidup kita harus selalu mengikuti teori?”. NAJONG pisan lah pertanyaan iniMySpace kalo aku disuruh jawab sih aku bakal bilang, “kita perlu mengikuti teori untuk mempermudah hidup”. KENAPA?? Karna kalo konteksnya kita lagi ngerjain soal matematika tentang ukuran garis segitiga siku-siku, otomatis kita langsung keluarin jurus dahsyat a2+b2=c2 kan? 

Cukup sekali kita mempelajari asal mula rumus itu dan mau ga mau mempercayai keakuratan penghitungannya. Lalu di kesempatan berikutnya kita tinggal pake rumus itu buat nemuin jawaban yang kita cari. Terbukti kan kalo teori bisa mempermudah idup kitaMySpace

Sayangnya aku ga punya keberanian berlebih buat ngomong kayak gitu ke Bapak Dosen. Tapi ada segelintir anak yang jawab “iya, pak”. Terus si bapak dosen malah nanya lagi, “apakan mungkin teori dapat dibantah?”. Dalem hati aku jawab, “IYA!!! Iya banget, pak. Teori ada untuk dipatahkan. Biar terkenal, biar dapet duit banyak !” MySpace*ditabok anak sekelas
Trus si bapak dosen malah ngomong gini, “semua pengertian teori yang kalian utarakan tadi ialah teori menurut ilmu eksak. Kalau teori menurut ilmu sastra, artinya ya teori saja.” Langsung galau deh denger kata-kata bapak tadi, pasti mulai gaje lagi nih...pasti kita disuruh mikir pake hati lagi neh. Udah 2 taun lebih belajar ilmu sastra, mikirnya pake hati mulu. Bosyen pisan. MySpaceNgontrak mata kuliah statistik di semester kemaren berasa penyegaran otak. Rasanya pengen ada matkul statistik terus-terusan di tiap semester MySpace

Kembali ke TANKTOOOP

Di pertemuan berikutnya, bapak dosen masih ngejelasin makna kata teori yang JUST THEORY-nya itu, sementara aku masih ngawang-ngawang ngebayangin temen-temen yang masih bisa belajar en praktikum ilmu eksak yang sangat aku rindukanMySpace
Terus yah, di pertemuan ketiga, kita dapet tugas buat baca teori Focault dan Derrida yang Cuma beberapa lembar. Tapi aku sama sekali ga baca, pemirsah. aku baca teksnya di kelas aja sesaat sebelum bapak dosen ngejelasin materi. 

Trus waktu bapak dosen nanyain pemahaman kita tentang Teori Foucault, banyak banget anak yang ngacung trus jawabannya jawaban aku semua. Idih curang banget mereka nyolong start dari aku.
Tapi dari semua jawaban temen-temen, ga ada jawaban yang memuaskan hati beliau, sampe beliau nyuruh kita baca ulang dan pas beliau nanya lagi, dengan nyali nekat aku jawab aja panjang lebar, pake set of rules yang dia sebut-sebut sebelumnya, berharap jawaban aku bisa memuaskan hati beliau, tapi reaksi dia malah ngomong gini, “Anyone else”. Waduuuh itu kan jawaban yang nandain kalo bapak dosen ga puas ama jawaban mahasiswaMySpace
Selanjutnya, temen aku ngomong yang inti omongannya ini: “Sex is present because of discursive practices”.

Bapak Dosen : “Naaah itu jawaban yang saya tunggu-tunggu”
Aku               :   -_____-“
Semua murid  : *senyum ibu tiri

Yap, itulah jawaban sebenarnya dari inti teori Foucault. Sex ada karena diada-adakan oleh masyarakat. Bingung? Baca posting berikutnya.MySpace

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Don't be shy, let's share our understanding :)